Fasilitas di Internet

Internet pada saat ini sangat banyak kegunaannya dalam rangka membantu manusia untuk mencapai berbagai kebutuhannya, namun secara umum fasilitas yang digunakan antara lain :
1.Surat Elektronik (e-mail)
Fasilitas ini merupakan alat bantu untuk mengirim berita, surat, antar file computer. Dengan menggunakan fasilitas e-mail sebetulnya kita dapat menjangkau lebih banyak pemakai jaringan computer karena masih ada pengguna jaringan computer yang hanya dapat berkomunikasi yang digunakan masih terlalu lambat.
2.Kelompok Diskusi (mailing list)
Fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik. Hanya dengan menggunakan fasilitas ini sebuah berita/file dapat disebarkan ke banyak pengguna sekaligus. Dengan cara ini kita dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat pada dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh jauh akan lebih efektif daripada penyelenggara seminar atau konferensi yang konvensional.
3.Fasilitas File server/Transfer file
Fasilitas ini memungkinkan kita menyimpan berbagai file computer. Dengan cara ini kita dapat dengan mudah melakukan desiminasi informasi.
4.Fasilitas Web (Distributed Multimedia Database)
Fasilitas web barangkali merupakan terobosan yang sangat penting bagi pesatnya perkembangan internet di dunia saat ini. Fasilitas ini menjadi sangat menarik karena adanya fasilitas Search Engines yang sangat memudahkan kita dalam melakukan navigasi informasi di internet.

Daftar mesin pencari (Search Engines)

MESIN POENCARI LOKAL MESIN PENCARI INTERNASIONAL
WWW. Astaga.com WWW. Asiamarketlink.com WWW. Bacaanku.com WWW. Catcha.co.id WWW. detik.com WWW. Indonesiaku.com WWW. Kemana.com WWW. Satunet.com WWW. Altavista.com WWW.anzwers.com WWW.aol.com WWW.architect.com WWW.askjeeves.com WWW.dejanews.com WWW.excite.com WWW.fastsearch.com WWW.galaxy.com WWW.google.com WWW.goto.com WWW.hotbot.com WWW.infoseek.com WWW.iwon.com WWW.looksmart.com WWW.lycos.com WWW.magellan.com WWW.msn.com WWW.netscape.com WWW.nettaxi.com WWW.norhernlight.com WWW.opentext.com WWW.serach.com WWW.snap.com WWW.webcrawler.com WWW.webmombat.com WWW.yahoo.com

5.Video Conference
Teknologi video conference maupun transmisi video melalui internet adalah hal yang sangat mungkin sekali, sekitar US$/jam dibanding dengan cara yang sama melalui indosat harus membayar lebih dari USS$ 1000/jam. Konfigurasi yang dikembangkan juga relative sederhana dengan berbekal multimedia PC menggunakan peralatan kamera CCD tambahan tidak sampai RP. 300.000,- fasilitas video conference menggunakan standard internet CU-see-Me telah beroperasi dengan baik di ITB.
6.E-Commerce
Fasilitas e-comerce (belanja lewat internet) akhir tahun 2000 sampai saat ini marak dilakukan para pengusaha di kota-kota besar dunia untuk melakukan service belanja langsung diantar ke tempat pemesan, costumer cukup memesan barang lewat internet, pihak toko akan langsung mengantar ke tempat tujuan pemesan.

artikel terkait



1 comments:

Anonymous said...

bagus ni artikelnya. membantu ref buat tugas...

Post a Comment

sopport by Template by : kendhin x-template.blogspot.com